Rabu, 09 Maret 2011

Ayo Belajajr Bahasa Arab

::: “Pelajarilah bahasa arab, sesungguhnya ia bagian dari agama kalian.” Umar bin Khaththab radhiallahu ‘anhu:::

:::Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa arab. Dan tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengannya (mempalajari bahasa arab), maka ia (mempelajari bahasa arab) menjadi wajib. Mempelajari bahasa arab, diantaranya ada yang fardhu ‘ain, dan adakalanya fardhu kifayah.” ):::
(Iqtidho, Ibnu Taimiyah 1/527 dikutip dari majalah Al-Furqon

:::::::::::::::::::::::

saya ni belum bisa bahasa arab.. pengen sekali rasanya bisa ngomong arab cas cis cus duerr gitu.. bisanya masih -ana -antum '-afwan.. hehe alhamdulillah sekarang ada kemudahan bagi saya untuk mempelajari bahasa arab, tinggal saya-nya ini bisa memanfaatkan kesempatan atau tidak, hehe.. . . Untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa arab, tiap hari jumat di Rodja ada kajian bimbingan bahasa arab. Bagi yang hobi online juga ada badar.muslim.or.id, disini banyak pelajaran-pelajaran mengenai bahasa arab. atau juga bisa ikut program Diploma Bahasa Arab di Pesantren Islam Hidayatunnajah


Kenapa ya saya ingin belajar Bahasa Arab?

Bahasa Arab itu bahasa Al Quran, bukan bahasa TKI atau TKW yang kerja di Arab. Kalau Bahasa Arab itu bahasa TKI, ga perlu belajar nahwu dan sharaf, ga perlu belajar Bahasa Arab yang sesuai kaidah, cukup kursus aja 3 bulan selesai, karena yang namanya bahasa itu yang penting nyambung antara kita n lawan bicara. Tapi bukan bahasa arab slang -kalau bahasa inggris nyebutnya slang- yang saya maksud yang saya maksud bahasa arab yang ingin saya pelajari adalah bahasa arab yang ada di dalam Al Quran, yang ada di dalam kitab-kitab ulama.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”

Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 di atas: “Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia (yaitu: Rosulullah), dengan bahasa yang termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Romadhan), sehingga Al-Qur an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).

Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam dan bahasa Al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan Bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap permasalahan agama.

Allahua'lam

http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/belajar-bahasa-arab-yuk.html

http://badar.muslim.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar