Rabu, 02 Maret 2011

Bermain Gundu - Kleci - Neker - Kelereng

Permainan yang berkesan
Selain mencuci baju, menjemur, setrika, menyapu, mengepal dan beres-beres rumah, saatnya untuk istirahat n menyegarkan otak.. Awalnya iseng beli gopek, di al Faruq anaknya tetangga sebelah rumah.. dapat 15 neker alias keleci alias gundu.. ternyata e ternyata, bermain kelereng cukup menguras keringat. saya dibikin jalan mondar mandir mengejar kelereng ku.. hehe niatnya istirahat malah tambah capek n ngos-ngosan. Ketika saya kalah dan kelerengnya mau habis, e ada sukarelawan kecil yang memberi saya kelereng "ini buat teteh Risma, kasian kelerengnya nanti habis ga bisa main lagi". saya jawab, "wah trimakasih ya, ga papa punya teteh habis, kalau habis nanti kan bisa beli lagi". eh dedek kecilnya balik jawab. "udah gapapa teh, punya aku masih banyak koq".
wah wah.. baik ya dedek kecil ini.. namanya Sarah, pipinya tembem, hitam manis, dan cantik.. dia baru duduk kelas 1 di SDIT Hidayatunnajah. setelah itu kami melanjutkan bermain.. setelah main kelereng, saya diajak anak-ajak beli es gopek'an di warungnya Mang Japar, srupuuutt.. sueger tenan,,


Permainan kelereng sudah ada sejak dahulu

Setelah googling, ternyata permainan kelereng itu ada sejarahnya. Temen2 kalau pengen tau sreach aja sendiri di google sejarah kelereng, cz saya disini pengen berbagi manfaat main kelereng..

Ada manfaat buat si Anak
Bermain kelereang bisa memberikan anak berbagai manfaat, diantaranya:

* Mengatur emosi (relaks)
* Melatih kemampuan berfikir
* Melatih kemampuan motorik
* Melatih kesabaran
* Melatih tingkat kecermatan dan ketelitian

Selain manfaat diatas, manfaat yang saya dapat yaitu mengenalkan cadar pada masyarakat, bahwa orang pake cadar juga bisa main kelereng.. hehe.. anak anak kampung ternyata seneng juga main kelereng sama saya. Ibunya anak-anak juga tersenyum melihat saya. apalagi setelah bermain saya dan anak2 rame jalan bareng ke warung beli es, ga takut deh anak-anak kampung dengan orang bercadar.. dan ketika saya lewat didepan rumah mereka memberi salam, "assalamu'alaykum, umi!!" hehe..

Allahua'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar